Penggunaan Metode Simulasi dan Diskusi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di STAI Kupang
Keywords:
Diskusi, Metode, Motivasi belajar, SimulasiAbstract
Menjadi pengajar yang berhasil dalam melakukan pembelajaran adalah salah satu proses yang tidak mudah untuk dilewati bagi seorang pengajar. Sebuah pembelajaran dikatakan berhasil apabila anak didik berhasil mengkuti pembelajaran, berhasil memahami apa yang telah dipelajari dan semangat atau termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Terlepas dari semua itu, tentu pengajar harus kreatif dalam memotivasi anak didik dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah kreatif dalam menggunakan metode yang tepat dalam proses belajar mengajar atau proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa penggunaan metode pembelajaran dalam memotivasi belajar mahasiswa PGMI STAI Kupang. Jenis penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berjumlah 27 informan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskripsi trianggulasi sumber. Hasil penelitian melalui wawancara dan juga observasi membuktikan bahwa penggunaan metode simulasi dan diskusi dalam kegiatan pembelajaran dapat memotivasi belajar mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI Kupang.