Implementasi Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Kinerja Guru Di MIN 1 Flores Timur
Keywords:
Implementasi, Supervisi, ProfesionalitasAbstract
Permasalahan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas kinerja guru di MIN I Flores Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Proses pengambilan data dilakukan sejak bulan Mei-Juli 2023 dengan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan metode dokumentasi yang dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan supervisi kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalitas kinerja guru di MIN I Flores Timur disusun setiap satu semester atau dalam satu tahun. Perencanaan supervisi di dokumentasikan oleh kepala madrasah sebagia dasar implementasi terhadap supervisi sehingga pelaksanaan berjalan dengan lancar dan bermafaat pada perkembangan kompetensi profesionalitas guru. Pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas kinerja guru di MIN I Flores Timur menggunakan dua teknik yaitu teknik individu dan kelompok. Adapun teknik individu dilakukan dengan cara melakukan kunjungan kelas dan pertemuan secara individual. Teknik kelompok merupakan tindak lanjut dari teknik individu yang merupakan teknik supervisi dilakukan untuk mensupervisi dua orang atau lebih. Guru-guru dikumpulkan pada waktu tertentu. Dalam teknik supervisi kelompok ini ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya rapat, diskusi kelompok, pertemuan ilmiah dan workshop. Evaluasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas kinerja guru du MIN I Flores Timur dilakukan pada setiap akhir semester dengan tujuan untuk mengetahui kekurangan atau keberhasilan dari supervisi kepala madrasah itu sendiri.